Sabtu, 03 Desember 2016

Kenalan sama excel

Whassap gaisss !!!
Hari ini aku mau ngebahas satu aplikasi dari microsoft office yang warnanya ijo, yang biasa di pake buat mengolah angka. Ayo ayo, aplikasi apa hmmmm ~

Yak, microsoft office excel.
Berhubung karena aku pake yang versi 2007, jadi hari ini aku bakalan bahas yang versi itu.
Sebenarnya sama aja, kalaupun ada bedanya, paling cuma di tampilan atau tata letak sih, hmmm ...
Oke, lanjut  ~
but before, kalian akan aku kasi liat satu video perkenalan ms. excel yang aku recommend banget, soalnya lengkap. iya
*monggo ditonton duluu ~*


bagaimana ?
sudah mullai kenal ?
nah sekarang aku akan kenalin lebih dalam lagi.



*abaikan ketampanan gerard way*

Yang pertama, untuk mengenal lebih dalam, kita harus tau cara membuka aplikasinya. Yaitu dengan klik windows buton di keyboard ataupun dengan kurusor di pojok kanan bawah.

Nanti kalau kamu klik, bisa otomatis masuk ke aplikasinya.(excel)
Cirikhasnya banyak kotak kotak, terdiri atas baris dan kolom. Nah, kotak kotak itu namanya cell ~

*ms. excel*

Di cell itulah kita nantinya akan mengolah angka.

Oh iya, nama halaman yang kita olah itu adalah workbook, di dalamnya terdapat 3 sheet yang otomastis ada, sheet itu namanya worksheet. Di worksheet atau “sheet” itulah kita akan bekerja.

*sheet*

 
terus, di atas ada ribbon. 

 *ribbon*



Di ribbon ini lah kita bisa memilih font, mengatur ukuran, memilih warna, menghapus menambah bahkan membuat tabel sesuai keinginan kita.
Nah disini kita juga bisa menggunakan ms. Excell ((baca: mas eksel *becanda ding* mikrosof eksel)) sebagai kalkulator canggih, bahkan sampai bisa menghitung sum of square, median, mean, akar, standar deviasi sekeluarga ~
Membantu banget kan ~
Jelaslah !!

Caranya gampang banget, misalnya kita sediakan sebuah data .








Nah, kita tinggal menulis = ditambah rumusnya (ex. Sum, dtdev, average, mode, etc) dan simbol buka kurung “(“ seteah itu data di block



Daaaaaaan tekan ENTER, kalau mau kaya orang keren, bisa banget nekan tombol enternya sambil agak di hentak biar di keyboard bunyi “CETAK” gitu. Tapi kalau keyboard kalian hancur saya ga tanggung jawab ~



 Nahh sudah selesai, gampang kan  ?

*sejenis cheat sih menurutku, tapi membantu banget*

Gampang dong, nah untuk mempermudah kalian, aku kasi kalian tabel rumus yang ada di ms. Excell
 
sumber
 
sumber


 
sumber
 
Sumber


Oke, untuk hari ini sampai disini dulu, next time, aku bakalan nulis lebih lagi tentang ms. Excell ~

I’m Maulidina

Au Revoir ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Pink Rose Flower